Kumpulan Makanan khas Tanah Air Maupun Mancanegara

Semur jengkol

Semur jengkol adalah salah satu kuliner khas Betawi yang populer. Semur jengkol biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi uduk Betawi.Dengan sedikit trik, jengkol bisa disulap menjadi makanan lezat sekaligus mengurangi aroma tak sedap yang biasa ditimbulkan setelah mengkonsumsi jengkol.
Namun tahukah Anda kalau semur jengkol yang terbilang makanan rakyat jelata ini ternyata terinspirasi dari pengaruh budaya luar, salah satunya Belanda?
Menurut Sejarawan JJ Rizal,  Semur, masakan yang dikenal dengan kuah berwarna cokelat ini ternyata dipengaruhi oleh budaya Eropa, Timur Tengah India, Cina, dan Indonesia. Nama semur sendiri sebenarnya plesetan dari bahasa Belanda yaitu  Stomerijj atau steamer (kukusan) yang merupakan alat masak.
Kebetuan pada zaman penjajahan mayoritas orang Belanda memiliki koki dan asisten rumah tangga orang pribumi. Para nyonya Belanda sering berteriak ke kokinya yang orang Indonesia asli “stomerijj!”  Mungkin maksudnya masak di alat kukusan (stomerijj), namun kokinya yang orang pribumi mendengarnya smoor atau semur.

Bahan-bahan

  1. 1 kg Jengkol
  2. 6 pcs Cabe merah besar
  3. 6 pcs cabe rawit ( sesuai selera kalau gak suka pedes boleh di skip
  4. 3 sendok makan gula putih
  5. 5 pcs bawang merah
  6. 5 pcs bawang putih
  7. 1 ons kemiri
  8. 1 sendok teh ketumbar
  9. 1 Lada bubuk
  10. 3 lembar salam
  11. 3 batang serai (di geprek)
  12. 1 potong lengkuas potong agak besar (digeprek)
  13. 1 buah tomat
  14. 3 pcs santan kara
  15. Kecap secukup nya kalo suka manis boleh lebih banyak
  16. Langkah

    1. Rebus jengkol pake presto kurang lebih 45 menit agar jengkol empuk
      Setelah jengkol matang,geprek jengkol satu persatu supaya lebih empuk
    2. Untuk persiapan bumbu nya,aku lebih praktis di blender bumbu nya,biar cepet 😅, rasa gak berubah koq,yang penting soal rasa mah gimana ngeracik nya 😛
    3. Nah blender aja cabe merah,bawang merah,putih,ketumbar,cabe rawit,merica
    4. Setelah bumbu sudah siap langsung di tumis aja di atas wajan panas yg sudah diksih minyak sampai harum disertai salam serai dan lengkus dimasukin,dan kalo sudah bau nya harum tambah ai dan jengkol nya masukin dech,
    5. Tambah air sekitar 4 gelas dan aduk sampaii air nya menyusut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar